Minggu, 01 November 2009

Ngirit, Prancis Berpaling dari Microsoft dan IBM

Santi Dwi Jayanti - detikinet

Jakarta - Aura IBM dan Microsoft sepertinya belum cukup mumpuni untuk mempertahankan salah satu konsumennya agar tetap bertahan memakai layanan yang mereka tawarkan.

Dengan alasan penghematan biaya, salah satu departemen di pemerintahan Prancis baru saja meninggalkan beberapa layanan besutan IBM dan Microsoft dan mulai berpaling ke Mozilla.

Layanan yang sekarang sudah tidak dipakai lagi ialah Lotus Notes, aplikasi kolaboratif yang dikembangkan dan dijual oleh IBM serta Microsoft Office milik Microsoft.

Kini untuk menggantikan produk-produk di atas, departemen keuangan di sana akan membenamkan aplikasi kalendar dan email keluaran Mozilla pada sejumlah 130.000 PC mereka. Layanan email Mozilla, Lightning Calendar dan sebuah open source groupware adalah aplikasi yang siap dinikmati para karyawan pemerintahan.

Kemenangan Mozilla ini 'dibocorkan' oleh situs berita IT yang berbasis di Perancis, 01net dan dikutip detikINET dari Readwriteweb, Sabtu (31/10/2009). Alasan berpalingnya pemerintah pada Mozilla, tak lain disebabkan karena layanan yang
berbasis open-source seperti Thunderbird dan Google Docs dipastikan lebih menghemat biaya dan menyediakan license aggrement yang lebih baik.

Keputusan pemerintah Prancis untuk menjajaki open source keluar mengikuti keputusan dari salah satu kota di Los Angeles yang pada minggu ini mengadopsi Google Apps. Di sana, sekitar 30.000 karyawan akan memakai Gmail dan memiliki akses menuju Google Docs. ( sha / ash )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar