Senin, 18 Januari 2010

Pendukung MU Minta Fergie Mundur


Ratusan pendukung Manchester United meminta Pelatih Sir Alex Ferguson mundur untuk mendesak keluarga Glazer melepaskan hak kepemilikannya di klub tersebut.

The Guardian menuliskan, lebih dari 300 suporter menghadiri sebuah rapat yang digelar oleh Manchester United Supporters' Trust (MUST) sebelum duel lawan Burnley, Sabtu (16/1/2010). Mereka memprotes ketidakbecusan keluarga Glazer mengurus MU sehingga menyebabkan utang klub tersebut membengkak hingga lebih dari 700 juta poundsterling.

Salah satu peserta diskusi itu adalah Johnny Flacks, salah satu pendiri dan mantan Ketua Independent Manchester United Supporters' Association (IMUSA). Ia mengusulkan agar suporter mengirimkan sebuah surat kepada Ferguson yang berisi permintaan untuk mundur dari jabatan pelatih.

"Ini tidak dimaksudkan sebagai pernyataan Alex Ferguson," kata Flacks. "Namun, dia mengklaim sebagai seorang sosialis, mantan pramuniaga toko, dan orang awam sehingga dia seharusnya terkejut dengan apa yang terjadi."

"Ini baru bisa berjalan jika ribuan orang mengirimkan salinan surat ini kepada Ferguson supaya ia tahu kekhawatiran kami, jika keluarga Glazer tetap memegang kendali, peninggalannya bakal hancur. Kami tidak menginginkan itu dan saya rasa dia (Ferguson) pun tidak," sambungnya.

Dengan protes seperti itu, para suporter berharap keluarga Glazer keluar dari Old Trafford. Mereka juga menjajaki kemungkinan untuk menunjuk legenda MU, Eric Cantona, agar mau bertindak sebagai pemimpin mereka dalam aksi protes sebelum duel Liga Champions lawan AC Milan pada 10 Maret.

Aksi protes itu sebelumnya sudah mewarnai pertandingan MU versus Burnley. Selama laga, mereka menyanyikan lagu bernada anti-Glazer. Mereka juga membuat spanduk bertuliskan "Cinta United, Benci Glazer". Para pendukung "Setan Merah" tidak terima jika Glazer benar-benar melaksanakan rencana mereka menjual Stadion Old Trafford dan tempat latihan di Carrington.

"Itu skenario konyol. Kita bicara soal seorang manajer yang meraih begitu banyak hal untuk klub dan telah membuat monster, yakni Manchester United. Namun, kita harus mencari hal yang lebih baik dan saat ini kita berada pada situasi yang menggelikan, di mana sebuah klub yang memiliki lebih dari 70.000 suporter kehilangan uang," ujar Flacks.

"Pindah ke Carrington adalah idenya dan dia seharusnya terkejut karena kini Glazer berpikir menjual Carrington dan kemudian membuatnya untuk melunasi utang. Itu akan menjadiakn Manchester United tidak lebih baik dari tim nonliga yang tidak memiliki lapangan latihan sekalipun."

"Ini akan menjadi kesempatan bagi Ferguson bahwa sesuatu harus dilakukan. Dia akan melihat klub dalam jangka panjang jika itu berarti Glazer akan menjual lebih cepat. Dan, jika ia berkata bahwa ia akan mengundurkan diri, mungkin itu juga akan mendorong calon pembeli untuk bergegas (membeli klub)," tambahnya.

The Guardian menambahkan, salah seorang staf Ferguson telah menunjukkan dukungannya terhadap gerakan tersebut. Namun, kapten Gary Neville menegaskan bahwa dirinya tidak mau terlibat dalam aksi itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar